pinterest.com
Jeda,  Listicle

AWAS DILANDA BURNOUT! KAMU BISA COBA 5 CARA INI UNTUK MENGHINDARINYA

Tekanan dalam dunia kerja memang sulit untuk dihindari. Dalam jangka waktu lama, kondisi seperti ini dapat menyebabkan kelelahan secara fisik maupun psikis atau dikenal dengan istilah burnout. Dilansir melalui doktersehat.com, burnout dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan lelah emosi, psikologis, dan fisik yang diakibatkan oleh stress secara berlebihan dan berlangsung lama.  Gejala yang bisa dirasakan biasanya merasa kehilangan energi, depresi, kurang motivasi, sulit tidur, dan putus asa. Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari keadaan ini meskipun kamu harus bekerja di bawah tekanan. Simak di bawah ini, ya!

1. Menjalin Pertemanan dengan Rekan Kerja

Membangun hubungan pertemanan dengan rekan kerja bisa mengurangi tingkat kejenuhan atas pekerjaanmu. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk mengobrol atau makan bersama setelah pulang kerja. Mereka pastinya mengerti beban kerja yang sedang kamu tanggung sehingga cocok juga jika kamu ingin bercerita mengenai kesulitanmu di dunia kerja.

2. Temukan Mereka yang Bisa Kamu Mintai Pertolongan

Berada di sekitar orang-orang yang kamu cintai bisa membawa dampak positif untuk dirimu. Orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan, atau sahabat memiliki pemahaman lebih tentang dirimu. Kamu tentunya bisa lebih terbuka untuk menyampaikan kesulitan yang sedang kamu alami. Aktif dalam kegiatan sosial, agama, atau komunitas juga bisa mengurangi stress yang kamu alami setiap harinya. Menikmati kebersamaan dengan mereka merupakan kunci utama untuk mengurangi burnout.

3. Hindari Mereka yang Bisa Memberi Pengaruh Negatif

Bergaul dengan mereka yang memiliki pengaruh negatif akan memperburuk kondisi mental yang kamu miliki. Orang-orang yang suka mengeluh, membicarakan keburukan orang lain, dan banyak menuntut akan menambah ketegangan dan menghambat ketenangan dalam dirimu. Sebaiknya, kamu kurangi waktu bergaul dengan mereka.

4, Berhenti Menunda Pekerjaan

Salah satu penyebab burnout melanda adalah kelebihan beban kerja serta kelelahan yang berlebih saat menyelesaikannya. Oleh sebab itu, mengerjakan pekerjaan tepat waktu dan tidak menundanya menjadi solusi yang tepat. Kamu bisa mulai dengan mengatur apa yang menjadi prioritas dalam pekerjaan, lingkungan sosial, dan aspek kehidupan lainnya. Membuat jadwal atau to-do list juga bisa kamu lakukan, loh!

5. Mulai Melakukan Gaya Hidup Sehat

Merawat diri sendiri bisa menjadi strategi untuk menangani burnout. Mulailah dengan memakan makanan yang sehat, olah raga secara teratur, dan istirahat yang cukup. Mengurangi penggunaan media sosial juga bisa menjadi solusi. Cara tersebut bisa mengurangi stress yang sering kamu hadapi saat setiap harinya. Kamu juga bisa mengambil cuti atau memanfaatkan hari libur untuk berlibur atau sekadar memanjakan diri. M

Jika kamu mengalami kesulitan untuk menangani burnout, ada baiknya kamu mencari jalan keluar dengan menemui para profesional yang handal dalam menangani masalah kesehatan mental. Penanganan dini akan sangat membantu guna mencegah beban pikiran yang berlebihan. Sekian apa yang bisa Kamarbaca berikan untuk kamu. Nantikan artikel seru lainnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *