Jeda,  Melancong

DEAR BOOKLOVERS, 5 RUANG BACA DI JAKARTA INI WAJIB KAMU KUNJUNGI!

Bagi pecinta buku, keterbatasan jumlah ruang baca pasti sangat disesalkan. Perbandingan antara jumlah ruang baca dengan pusat perbelanjaan memang amat timpang. Kesulitan untuk mendapatkan kenyamanan saat membaca pasti sering ditemui. Ditambah lagi, ketersediaan buku-buku yang layak untuk dikaji pasti menjadi hambatan lainnya. Sebagai booklovers, kamu juga pasti pernah mengalami hal tersebut. Keinginan untuk mengisi waktu luang dengan bersantai sambil membaca serta mengkaji buku menjadi hal yang sulit dilakukan. Melalui artikel ini, Kamar Baca ingin merekomendasikan lima tempat menarik untuk kamu kunjungi sebagai pencinta buku. Kita simak, yuk!

Freedom Institute

Perpustakaan Freedom Institute terletak di lantai dasar Wisma Bakrie 1, Jalan H.R. Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Perpustakaan ini siap melayani kamu dari hari Senin sampai hari Jumat, mulai pukul 09.30 sampai 17.00 WIB. Sebelum  masuk ke area perpustakaan, kamu sebelumnya harus memiliki kartu keanggotaan Freedom Institute. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengisi formulir pendaftaran, mengisi data diri, dan membawa KTP. Pendaftaran ini  tidak dipungut biaya alias gratis. Salah satu hal yang menarik dari perpustakaan ini adalah konsep tata ruang yang modern dan pastinya sangat nyaman. Jumlah koleksi buku yang dimiliki perpustakaan ini kurang lebih sebanyak 15 ribu buku. 

Perpusnas

Pada tanggal 14 September 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas baru yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No 11, Jakarta Pusat. Memiliki 27 lantai, gedung Perpusnas ini digadang-gadang sebagai perpustakaan nasional tertinggi di dunia. Tak hanya koleksi buku paling lengkap, Perpusnas juga menyediakan fasilitas untuk anak, lansia, penyandang difabel, dan ada juga koleksi buku huruf braille serta komputer khusus bagi penyandang difabel. Dengan kelengkapan fasilitas tersebut, Perpusnas pastinya menjadi pilihan tepat untuk mencari referensi, mengerjakan tugas, atau sekadar mengisi waktu luang dengan membaca.

Rimba Baca

Kenyamanan merupakan hal penting saat membaca. Konsep nyaman seperti rumah sendiri menjadi tema salah satu perpustakaan yang terletak di Jalan Intan RSPP, Cilandak, Jakarta Selatan. Perpustakaan Rimba Baca memiliki koleksi sekitar 8 ribu buku, baik buku lokal maupun internasional. Dibuka sejak 2011, perpustakaan ini terinspirasi untuk tumbuh dengan buku anak-anak yang bagus dengan berbagi pengalaman membaca. Selain buku anak-anak, Rimba Baca juga memiliki koleksi buku untuk orang dewasa. Rimba Baca juga menyediakan fasilitas pendukung seperti komputer, wi-fi, area membaca, sudut makanan ringan, dan aktivitas yang akan membuat membaca lebih menyenangkan. Biaya yang dikeluarkan bagi pengunjung bukan anggota sebesar Rp 30.000 per anak dan Rp 50.000 per orang dewasa yang menemani. Jika satu orang dewasa tanpa membawa anak dikenakan biaya Rp 30.000. Tentunya, pengunjung yang bukan anggota tidak diperbolehkan meminjam buku. Sedangkan untuk keanggotaan dikenakan biaya sebesar Rp 375.000 untuk satu keluarga dan diperbolehkan meminjam buku dengan ketentuan yang berlaku.

Kwitang14

Berkumpul dengan orang-orang yang bisa diajak belajar bersama dan bertukar pengetahuan pastilah sangat menyenangkan. Kwitang14 pun menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi. Kwitang14 merupakan ruang baca yang dikelola oleh Cinema Poetica dan didukung oleh Spektakel. Tidak hanya sebagai ruang baca, Kwitang14 juga menjadi wadah bagi para penikmat buku untuk berdiskusi dan menjalin ikatan pertemanan dengan sesama penikmat buku lainnya. Koleksi buku yang dimiliki berupa bahasan film dan budaya visual, termasuk bidang-bidang yang dipengaruhi dan mempengaruhinya, meliputi seni, sosial, politik, ekonomi, hingga media. Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Kwitang Raya no 14, Senen, Jakarta Pusat pada Jumat sampai Minggu, dari pukul 12:00 sampai 18:00.

Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin

Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin merupakan pusat kumpulan berbagai perihal mengenai sastra di Indonesia. Hans Bague Jassin telah mengumpulkan berbagai koleksi sastra sejak tahun 1933 sekaligus tokoh yang berperan dalam berdirinya wadah dokumentasi ini. Koleksi yang tersedia berupa dokumentasi sastra, mulai dari tulisan tangan asli para sastrawan, surat, guntingan pers, foto, naskah drama (dalam dan luar negeri), majalah, makalah, skripsi dan tesis sastra, kaset, CD, mikrofilm, hingga lukisan. Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin yang terletak di Kompleks Taman Ismail Marzuki ( TIM) Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Dibuka setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 08.30 sampai 15.30.

Manfaat membaca pun sebaiknya menular, tidak hanya untuk diri sendiri namun juga orang-orang di lingkungan sekitar. Sebab, hakikat ilmu sejatinya adalah implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Ketersediaan ruang baca yang mudah dijangkau bisa jadi stimulus agar minat baca masyarakat meningkat. Dengan demikian, kehidupan masyarakat yang lebih baik bukan hanya sekadar harapan. Sekian informasi dari Kamar Baca. Nantikan informasi menari lannya. Bye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *