Jeda,  Listicle

MAU TAMBAH BAHAGIA? YUK TERAPKAN 5 KEBIASAAN SEDERHANA INI

Kebanyakan orang menggantungkan kebahagiaannya pada wujud eksternal. Sepotong cokelat, berbelanja, menikmati pemandangan pantai, dan lainnya bisa menjadi salah satu pilihan. Tentu saja hal tersebut memberikan perasaan bahagia. Namun demikian dampak yang dirasakan tidak bertahan lama. Lalu bagimana caranya agar bisa terus bahagia? Memperbaiki kualitas kebiasaan merupakan jawabannya. Kebiasaan yang biasa kamu lakukan setiap hari bisa menetukan kebahagiaan atau keterpurukan di masa depan. Kali ini, Kamar Baca ingin membagikan informasi mengenai kebiasaan yang dapat membawamu kepada kebahagiaan. Kita simak, yuk!

1. Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu pada Orang Lain

Menjalin hubungan baik dengan orang lain dapat memberikan perubahan yang positif dalam kehidupan. Kebaikan dari orang-orang di sekitar dapat membantu kamu saat membutuhkan dukungan di masa sulit. Mereka juga memberi pengaruh agar tetap optimis dalam menjalani kehidupan. Dilansir dari Psychology Today, hubungan baik dengan orang lain bisa dibangun dengan rasa ingin tahu. Kamu bisa melakukannya dengan menanyakan bagaimana keadaan atau perasaan temanmu.

2. Membuat Lelucon

Berusaha untuk melihat sisi baik dari suatu kesulitan memang bukan hal yang mudah. Kamu mungkin bisa mengajak keluarga, sahabat, atau pacar untuk mendiskusikan kesulitanmu. Kemudian sisipi dengan lelucon yang bisa membuatmu tertawa dan merasa lebih rileks. Kamu juga bisa menonton video atau gambar lucu yang bisa membuatmu tertawa lepas. Penelitian menunjukan bahwa tertawa dapat memperbaiki kondisi emosional serta menurunkan kecemasan dan ketegangan. Selain itu, jurnal Psychosomatic Medicine menemukan bahwa seseorang dengan selera humor akan memiliki kesempatan untuk lebih sehat dan panjang umur dari mereka yang tidak.

3. Membuat Perencanaan  

Tentukan apa yang ingin kamu capai dalam hidup dengan jelas. Kamu bisa juga menuliskannya. Memiliki tujuan hidup yang jelas bisa membawamu pada kesadaran atas kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki. Pikirkan berbagai hal yang kamu inginkan dan rasakan dalam hidup. Meskipun terdengar sederhana, perencanaan ini bisa membuatmu lebih tertantang dan bersemangat. Kebahagiaan pun akan muncul seiring dengan usahamu dalam mencapainya. Selain itu, berhenti untuk membandingkan dirimu dengan orang lain serta menerima apa yang kamu miliki saat ini juga merupakan bentuk rasa syukur.

4. Latihan Untuk Terus Bersyukur

Dilansir dari laman www.health.harvard.edu, penelitian mengenai psikologi positif menemukan adanya keterikatan yang kuat antara rasa syukur dengan tingkat kebahagiaan. Kemampuan bersyukur dapat membantu seseorang merasakan energi positif, meningkatkan kesehatan, memaknai kehidupan, menyelesaikan masalah, dan membangun hubungan yang kuat.
Kamu bisa mulai bersyukur dengan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang di sekitarmu. Beribadah dan meditasi juga bisa menjadi sarana untuk melatihnya.

5. Perbanyak Aktivitas di Luar Ruangan

Salah satu dampak dari kekurangan vitamin D adalah depresi. Memperbanyak aktivitas di luar ruangan bisa membuatmu memperoleh sinar matahari yang lebih banyak. Sinar matahari yang mengenai mata menjadi sinyal pada otak untuk menurunkan sekresi melatonin (hormon yang membantu untuk tidur) dan meningkatkan sekresi serotonin (hormon yang terkait dengan kebahagiaan dan kesadaran). Gunakan 15 menit dari waktumu dalam satu hari untuk mendapatkan sinar matahari. Kamu bisa melakukannya dengan berolahraga atau sekadar berjalan-jalan.

Menjadi bahagia merupakan sebuah pilihan. Memilih apa yang kamu lakukan saat ini bisa jadi salah satu cara untuk bahagia. Hal tersebut tentu saja akan menentukan bagaimana kehidupan yang akan kamu jalani di masa depan. Sekian apa yang bisa Kamar Baca berikan. Terus kunjungi Kamar Baca untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Bye

Sumber gambar: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *