Jeda,  Listicle

5 HAL INI BISA JADI TANDA KAMU HARUS MENJAUHI TEMANMU

Memiliki teman bisa menjadi kebahagian tersendiri. Saat senang, mereka bisa menambah perasaan bahagia. Di sisi lain, mereka bisa mengurangi perasaan duka saat sedih melanda. Hal tersebut merupakan gambaran ideal bagaimana teman berperan dalam hidup. Kamu juga pastinya setuju dengan pernyataan itu. Yang jadi persoalan adalah ketika menjadikan orang yang salah sebagai teman. Bukannya memberi ketenangan, mereka justru bisa mengusik hidupmu. Apabila kamu merasa lelah dan jengkel setiap kali bertemu dengan temanmu, bisa jadi itu salah satu pertanda kamu memilih orang yang salah untuk dijadikan teman. Kali ini Kamar Baca ingin memberikan informasi menganai ciri-ciri teman yang sebaiknya kamu tinggalkan. Kita simak yuk!

1. Terlalu Mengendalikan Hidupmu

Secara halus, seorang teman akan mengatur bagaimana kamu harus berpenampilan, membatasi dengan siapa harus bergaul, menentukan bagaimana harus menghabiskan uang, apa yang harus kamu lakukan atau bahkan memilih pasanganmu. Kamu mungkin tidak akan langsung menyadarinya. Sebaliknya, kamu akan merasa temanmu sangat perhatian. Namun lama-kelamaan, kamu akan merasa jengah dengan perilakunya. Sebaiknya, kamu menjauhinya. Saat seorang teman berusaha mengambil alih kendali hidupmu, itu menandakan ia tidak menghormati keberadaanmu. Ia tidak bisa menerima dan ingin mengubah dirimu. Secara perlahan, kamu kehilangan percaya diri dan merasa tidak nyaman dengan dirimu. Teman yang baik tidak akan mengambil alih kendali dalam hidupmu. Justru ia akan menghormati segala pillihanmu.

2. Berkomentar yang Menjatuhkan

Seorang teman memang sepantasnya untuk selalu berkata jujur. Namun beda halnya jika apa yang diucapkan justru malah membuatmu merasa rendah diri. Kadang kala, ia merasa ucapannya tidak berarti apa-apa atau hanya sekadar bualan. Sebaliknya, kamu merasa tersinggung dengan apa yang dikatakan. Temanmu mungkin juga akan berkomentar jika kamu terlalu sensitif dengan hal tersebut. Ada kalanya, suatu komentar atau kritikan yang diberikan bisa membangun diri untuk lebih baik. Akan tetapi saat apa yang disampaikannya tidak berdasar dan berusaha menjatuhkan, lebih baik kamu menjauhi temanmu.

3. Mendominasi Pembicaraan

Membicarakan berbagai hal dengan teman pasti sangat menyenangkan. Bertukar pendapat juga menjadi hal yang bermanfaat dalam hubungan pertemanan. Akan tetapi, kamu akan merasa lelah jika berhadapan dengan teman yang mendominasi pembicaraan. Kamu tidak diberi kesempatan untuk menyampaikan perspektif atau perasaanmu. Selain itu, ia dengan mudah memutuskan sesuatu tanpa mendengarkan pendapat orang lain. Hubungan seperti ini sulit membuatmu untuk berkembang. Sebaiknya, temukanlah teman yang bisa menghargai, memahami, dan menerima dirimu.

4. Mencari Hanya Saat Membutuhkan

Tidak jarang seorang teman akan datang hanya saat ia membutuhkan sesuatu saja. Saat sedang dalam kesulitan, ia akan mencarimu dan membicarakan apa yang sedang dialaminya. Ia merasa dirinya menjadi sorotan dan dunia berpusat padanya. Namun sebaliknya, ia sulit ditemui saat kamu berada dalam masalah serupa. Hubungan pertemanan dengan pola itu pastinya akan sangat menyakitkan dan merugikan dirimu.

5. Terlalu Banyak Mengeluh

Tidak salah memang jika menyampaikan keluh kesah pada teman. Hal ini tentunya bisa menumbuhkan simpati dalam diri. Tapi rasanya akan sangat melelahkan apabila kamu harus mendengarkan keluhan yang berulang-ulang. Merasa hidup sangat melelahkan dan tidak puas dengan kehidupan yang dimilikinya. Menyediakan setiap waktu sebagai ‘tempat pembuangan’ bukan pilihan yang bagus dalam hubungan pertemanan. Tidak ada usaha untuk memperbaiki keadaan tentu saja menyebabkan pegal hati bagi pendengarnya. Belum lagi dampak buruk bagi pendengarnya, seperti gangguan pada kesehatan otak dan perasaan yang berantakan.

Menjalin hubungan dengan orang lain bisa berdampak pada pembentukan karakter diri. Ada baiknya, kamu menemukan seseorang yang layak untuk menjadi bagian dalam lingkaran pertemananmu. Saling menerima, mempercayai, dan mendukung satu sama lain menjadi fondasi yang sangat penting. Sekian informasi yang bisa Kamar Baca berikan. Nantikan informasi menarik lainnya. Bye!

Sumber gambar: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *