Jeda,  Listicle

BELAJAR BAHAGIA DARI PARA INTROVERT

Seorang introvert biasa diasosiasikan dengan seorang yang pemurung, terlalu serius, dan paling parah mereka nampak tidak bahagia. Miskonsepsi tersebut sering digaungkan untuk menjelaskan introvert di dunia yang serba ekstrovert. Jangan salah! Para introvert justru memiliki caranya sendiri untuk bahagia. Kepekaan dalam memahami diri sendiri membuat para introvert bisa menemukan kebahagiaannya. Bagi kamu yang juga seorang introvert, pasti sangat setuju dengan pendapat tersebut. Beberapa hal di bawah ini merupakan cara para intorvert agar tetap bahagia. Penasaran? Simak informasi di bawah ini yuk!

1. Berusaha Menghargai Berbagai Hal

Para introvert sangat paham membedakan apa yang berharga dan apa yang harus dilupakan. Kecenderungan orang-orang introvert untuk mengutamakan kualitas merupakan dampak dari hal tersebut. Misalnya dalam lingkungan bergaul, para introvert lebih senang untuk memiliki lingkaran pertemanan yang kecil. Mereka merasa keterlekatan hubungan dengan orang lain lebih penting dibandingkan banyaknya jumlah teman. Perbincangan yang mendalam lebih dipilih ketimbang sekadar basa-basi. Kemampuan untuk menghargai berbagai hal ini membawa para introvert pada hal lebih prospektif bagi hidup mereka. Sehingga mereka tidak membuang-buang waktu untuk hal yang sia-sia.

2. Menikmati Kesendirian

Processed with VSCO with c9 preset

Ketenangan merupakan momen bagi introvert untuk mengisi kembali energi yang telah digunakan. Maka tidak heran apabila para introvert senang untuk berada dalam kesendirian. Kesendirian merupakan hal yang penting bagi orang-orang introvert, selayaknya makan dan tidur. Pada saat itu, mereka mencoba untuk mengumpulkan pikiran serta merefleksi tindakan. Dalam kesendirian, mereka dapat mengenal dan mendalami diri mereka. Selain itu, mereka juga berusaha memperbaiki kualitas diri dengan melakukan berbagai hal seperti membaca buku, berjalan-jalan, meditasi, menulis jurnal, dan lainnya.

3. Berpikir Sebelum Bertindak

Perencanaan yang matang merupakan bagian dari hidup orang-orang introvert. Mereka akan berusaha untuk memperhitungkan segalanya sebelum bertindakan. Tidak jarang para introvert sering disalahpahami sebagai orang yang over-thinking dan over-analyzed. Mereka memproses segala informasi yang diperoleh dan menimbang berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meminimalkan perasaan kecewa dan sesal.

 4. Berani Mengambil Keputusan

Orang-orang introvert sangat paham apa yang mereka butuhkan. Ini sejalan dengan bagaimana mereka memahami dirinya sendiri. Mereka akan bekerja keras  untuk mecapai apa yang diinginkan. Namun demikian mereka tidak akan membiarkan dirinya lepas kendali. Mereka tahu kapan harus meneruskan usahanya dan kapan harus berhenti. Keberanian dalam mengambil keputusan ini tentu saja melalui pertimbangan yang matang. Keputusan yang diambil juga harus disertai dengan solusi matang lainnya untuk mencapai tujuan.

5. Menciptakan Kebagiannya Sendiri

Kebahagiaan akan sulit ditemukan jika dicari pada orang lain. Menerima dan mencintai diri sendiri merupakan awal yang baik untuk menemukannya. Para introvert akan memikirkan tentang dirinya, makna kehidupan, orang-orang di sekitar, dan apa pun yang telah diamati. Mereka menciptakan dunia dalam batin dan pikirannya sendiri. Hal tersebut melahirkan kebahagiaan bagi para introvert. Kebahagiaan yang tidak bergantung pada orang lain. Melainkan, kebahagiaan atas kemampuan untuk memahami diri sendiri.

Definisi bahagia bagi setiap orang berbeda-beda, begitu pula cara untuk mencapainya. Banyak orang yang sibuk untuk mencapai kebahagiaan. Namun kenyataannya, mereka belum menyadari kebahagiaan seperti apa yang dibutuhkan. Mulailah memahami kebahagiaan yang kamu butuhkan, bukan sekadar yang kamu inginkan. Awali dengan menerima, mencintai, dan mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini. Biarkan hati ikut turut serta dalam menentukan kebahagiaan. Terima kasih sudah membaca artikel di Kamar Baca. Sampai bertemu dengan berbagai informasi menarik lainnya. Bye!

Sumber gambar: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *