Jeda,  Listicle

HAPPY INTERNATIONAL WOMEN’S DAY! YUK, CARI TAHU ISU-ISU PEREMPUAN SAAT INI!

Pada tanggal 8 Maret kemarin, dunia dengan suka cita merayakan Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day. Peresmian hari jadi ini dirilis oleh PBB pada tahun 1975. Tujuan utama adanya perayaan ini adalah sebagai bentuk gerakan agar perempuan bisa mendapatkan hak-haknya. Berbagai aksi dilakukan untuk merayakannya, seperti melakukan unjuk rasa, parade, seminar, dan lain sebagainya. Tahun ini, tema utama yang digaungkan PBB untuk merayakan hari perempuan sedunia adalah think equal, build smart, innovative for change. Berbagai tema diangkat setiap tahunnya untuk merayakan momen ini. Tujuan utamanya supaya perempuan dapat menikmati apa yang menjadi hak mereka. Kali ini, Kamar Baca ingin mengajak kamu mengenal kemelut yang sering dialami oleh perempuan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja ya? Kita simak bersama yuk!

Diasosiasikan dengan Berbagai Stereotip

Ada berbagai macam stereotip yang disematkan kepada kaum perempuan. Hal yang menyedihkan adalah perkara ini merugikan dan melemahkan kedudukan perempuan dalam masyarakat. Perempuan sering diidentifikasikan sebagai figur yang lemah, mudah emosi, tidak mandiri, tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi, dan hanya berada dalam ranah rumah tangga. Hal ini diindikasi dengan kewajiban perempuan yang membesarkan anak, memasak dan membereskan rumah. Stereotip ini tentu saja bisa mematikan potensi yang ada dalam diri perempuan. Jika kamu berpikiran demikian, ada baiknya mulai saat ini kamu mematahkan segala bentuk stereotip yang merugikan perempuan dan membantu mereka untuk terus berkembang.

Perempuan sebagai Superwomen

Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh perempuan saat ini adalah memenuhi keseimbangan dalam pekerjaan, keluarga, dan diri sendiri. Perempuan memiliki setiap peran di dalam masyarakat sehingga berbagai tuntutan pun disematkan padanya. Mereka harus bisa menjadi sempurna dalam berpenampilan, mengurus rumah tangga, membesarkan anak, dan pekerjaan yang digeluti. Tidak salah memang jika perempuan selalu berusaha menjadi superwomen.

Objektifikasi Tubuh

Penampilan perempuan seringkali menjadi sumber justifikasi dan entitas yang dapat dinikmati semua orang.  Masyarakat sering kali menuntut perempuan untuk tampil cantik berdasarkan standar tertentu. Memiliki kulit putih, tubuh langsing, rambut lurus, wajah tirus, dan lainnya. Selain itu, pakaian yang dikenakan perempuan acap kali menjadi penilaian baik atau buruk kepribadiannya. Guyonan juga kerap diterima perempuan atas tubuhnya. Tatapan, siulan, atau ucapan yang justru sebenarnya melecehkan bagi perempuan.

Kecenderungan Lebih Mudah Depresi

Berdasarkan data WHO, perempuan memiliki kecenderungan dua kali lipat terkena depresi. Depresi pada perempuan bisa terjadi lebih awal, lebih lama, dan lebih mungkin kambuh dibandingkan depresi yang dialami laki-laki. Perubahan hormon juga merupakan penyebab perempuan mudah mengalami depresi. Beberapa kasus depresi terjadi saat proses melahirkan atau selama masa transisi menuju masa menopause. Faktor lain yang juga dapat membuat perempuan rentan depresi adalah faktor lingkungan, terutama terkait peran sebagai ibu, istri, dan anak bagi orangtuanya. Keyakinan untuk memenuhi peran dengan sempurna menyebabkan perempuan rentan mengalami stress kronis yang menyebabkan depresi. Beberapa studi menunjukkan bahwa perempuan mungkin lebih cenderung merenungkan masa lalu, yang baik maupun yang buruk, dibandingkan pria. Ini membuat perempuan rentan mengalami gangguan kecemasan.

Berbagai jenis kesulitan hanya dihadapi oleh perempuan dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, saat perempuan berjuang untuk mengatasi kesulitan tersebut, sebagian masyarakat justru melanggengkannya. Semoga artikel ini membantu kamu dalam menambah pengetahuan dan membangun kesadaran dalam melawan bias perempuan dalam masyarakat. Terima kasih telah mengunjungi Kamar Baca. Nantikan artikel menarik lainnya, bye!

Sumber gambar: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *