Jeda,  Listicle

MERAPIKAN PIKIRAN DENGAN BUKU HARIAN

Saat mendengar buku harian atau diary, hal yang sering terlintas dalam benak kamu pasti keterkaitannya dengan masa remaja. Kebiasaan menulis buku harian memang banyak dilakukan oleh remaja. Sayangnya, kebiasaan ini semakin luntur seiring dengan bertambahnya usia. Kesibukan yang menyita waktu merupakan alasan utama kegiatan ini semakin ditinggalkan. Ditambah, pengaruh dari dominasi media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menulis buku harian, khususnya untuk kesehatan mental. Menurut penelitian dari University of Rochester Medical Center, menulis buku harian sangat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan saat berada dalam masa kehilangan, kesedihan, dan kecanduan. Hal ini juga berpengaruh pada kemampuan untuk mengelola pikiran dalam kehidupan yang memberi banyak tekanan seperti sekarang. Kalau kamu masih ragu untuk memulainya, ada baiknya untuk menyimak penjelasan singkat mengenai manfaat menulis jurnal di bawah ini. Kita simak, yuk!

Mengurangi tingkat stress

Kamu pasti pernah mengalami kesulitan untuk memahami diri sendiri. Hal ini tidak jarang mengakibatkan kesulitan untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi. Dampak lainnya yang akan kamu alami, yaitu kamu akan merasa terjebak dan kesulitan untuk menentukan tujuan hidupmu selanjutnya. Keadaan ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental, yaitu stress. Untuk mengurangi terjadinya resiko ini, ada baiknya kamu mulai belajar untuk memahami diri sendiri. Menulis buku harian merupakan salah satu cara tepat yang bisa kamu lakukan. Saat menulis buku harian, kamu akan diberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran dan perasaan. Selain itu, kamu juga memiliki kemudahan untuk mengeksplorasi serta mengutarakan emosi yang sedang kamu rasakan. Ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkkan pengetahuan tentang diri sendiri. Kamu juga bisa lebih fokus terhadap hidup yang kamu inginkan. Menarik, bukan?

Pengelolaan Prioritas

Kesibukan yang menyita banyak waktu bisa menyebabkan kesulitan untuk fokus pada satu hal. Hal ini diperparah dengan berbagai macam informasi yang diterima setiap hari. Akibatnya kamu sulit untuk menentukan apa yang menjadi prioritas utama dalam hidup. Menulis buku harian menjadi langkah tepat untuk kamu dalam mengatasinya. Mulailah dengan menuliskan semua pikiran, ide, pertanyaan, dan kekhawatiran yang kamu miliki tanpa terpengaruh dengan pendapat atau penilaian orang lain. Kamu tidak memiliki batasan untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan dirimu saat menulis buku harian. Kemudian, tulislah hal-hal kecil yang kamu inginkan dan butuhkan. Daftar ini akan mengantarmu pada apa yang menjadi priotitas dalam hidup. Kamu pun bisa menentukan rencana dan langkah-langkah yang akan kamu jalankan dalam hidup dengan jelas.

Sarana untuk Berdialog dengan Diri Sendiri

Ada salah satu metode dikenal sebagai Journal Dialogue yang diperkenalkan oleh ahli dalam bidang ini, yaitu Ira Progroff dan Kathleen Adams. Metode ini dilakukan dengan menulis dialog mengenai berbagai macam hal, seperti isu tertentu, orang lain, perasaan, atau berbagai macam hal lainnya. Kamu berperan menjadi dua bagian, subjek dan objek. Mulai dengan menentukan topik apa yang ingin kamu bicarakan, kemudian lanjutkan dengan berbagai macam pertanyaan yang muncul di dalam pikiranmu. Jawablah berbagai macam pertanyaan tersebut tanpa ada keraguan, prasangka, dan rasa takut bagaimana hasil tulisanmu. Proses ini memberikan kesempatan agar kamu bisa masuk dan mengenal dirimu lebih dalam lagi. Selain itu, kamu juga bisa merasakan berbagai macam emosi sehingga kamu tidak merasa asing dan bisa mengorganisasinya dengan baik.

Menulis buku harian memang terdengar sederhana dan sepele. Namun tanpa disadari banyak manfaat yang bisa didapatkan. Kegiatan ini membantu kamu untuk menata pikiran agar kembali jernih. Kamu akan merasa lebih rileks saat menulis. Buku harian juga akan membawa kamu mengingat kembali momen-momen penting dalam hidup kamu dan juga bisa menjadi referensi bagaimana kamu menangani suatu masalah. Demikian informasi yang Kamar Baca berikan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk memulai kegiatan yang bermanfaat ya kawan. Terus kunjungi Kamar Baca untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya!

Sumber gambar: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *