Jeda,  Listicle

MERASA SULIT MEMAHAMI ISI BUKU? TIPS INI BISA JADI SOLUSI BUAT KAMU

Kamu pasti pernah merasa sulit untuk memahami isi buku yang sedang kamu baca. Tidak jarang, kesulitan ini menyebabkanmu enggan menyelesaikan buku tersebut. Kesulitan ini bertambah saat kamu tidak bisa mengingat apa yang baru saja kamu baca.

Membaca buku seyogyanya bertujuan agar pembaca memperoleh informasi maupun inspirasi dari isi buku yang dibaca. Namun berbagai kendala tersebut justru membuat pembaca sulit mendapatkan manfaat yang diharapkan. Hal ini tentu saja amat disayangkan. Jika kamu masih sering mengalami kesulitan tersebut, jangan khawatir! Kali ini, tim Kamarbaca ingin membagikan tips agar kamu bisa mengatasi kendala tersebut. Kita simak yuk!

1. Kumpulkan Informasi Seputar Buku Bacaan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengumpulkan informasi seputar buku bacaan. Informasi ini diperlukan supaya kamu dapat memusatkan perhatian saat membaca. Kamu bisa melakukannya dengan membaca pendahuluan dan kepala judul atau subbab. Dengan cara ini, kamu bisa memperoleh kerangka pemikiran dan ide yang ingin penulis sampaikan melalui buku. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan gambar, grafik, serta alat bantu baca yang memuat huruf miring atau definisi. Hal ini ditujukan agar kamu lebih mudah untuk memahami dan mengingat ide utama dalam buku. Kamu juga bisa memperoleh informasi seputar buku dengan membaca berbagai ulasan yang orang lain buat melalui blog atau portal media lainnya.

2. Buat Catatan

Pepatah mengatakan bahwa ilmu itu ibarat kuda dan mencatat adalah tali pengikatnya. Jika kuda tidak diikat dengan tali, maka ia akan lari dan lepas kendali. Sama halnya dengan ilmu, apabila tidak dicatat ia akan mudah hilang dari ingatan. Keterbatasan daya ingat yang kita miliki membuat informasi ‘menguap’ dari ingatan kita seiring dengan berjalannya waktu. Cara sederhana dan efektif yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencatat. Saat membaca buku, kamu bisa membuat catatan pada setiap bab yang sudah dibaca. Isi catatan dapat berupa ide utama penulis, informasi penting, dan gagasanmu terhadap ide penulis. Kamu juga bisa menambahnya dengan menulis komentar, anotasi, catatan, dan coretan kecil.

3. Berbagi dengan Orang Lain

Kamu bisa mempertahakan pengetahuan dan informasi dari isi buku yang telah kamu baca dengan membagikannya kepada orang lain. Berdiskusi dengan pembaca lainnya menjadi salah satu cara yang efektif.  Kamu bisa menyampaikan gagasan yang kamu miliki dan mendengarkan gagasan dari pembaca lainnya mengenai isi buku tersebut. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk kamu agar memiliki keahlian berbicara dan menyampaikan pendapat. Kamu juga bisa membuat ulasan tentang buku yang telah kamu baca dengan mempublikasikannya melalui blog pribadi atau portal yang dikhususkan untuk mengulas buku, seperti Goodreads. Cara ini juga bisa membantu pembaca lainnya untuk mengetahui informasi seputar buku.

Itulah beberapa tips yang bisa Kamar Baca berikan untuk kamu. Semoga bisa membantu kamu untuk terus membaca buku. Kunjungi Kamar Baca untuk terus mendapatkan berbagai tips menarik lainnya, ya. Happy reading everyone!

Sumber gambar: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *