Jeda,  Listicle

KUALITAS BUKU TIDAK SESUAI EKSPEKTASIMU? 5 CARA INI BISA KAMU LAKUKAN SEBELUM MEMBELI BUKU

Kamu pasti pernah menghabiskan waktu berjam-jam mengelilingi setiap rak di toko buku untuk menentukan buku apa yang akan kamu beli dan baca. Membaca buku sejatinya memiliki tujuan agar pembaca dapat memperoleh manfaat terbaik dari apa yang dibacanya. Sehingga mendapatkan buku yang bagus untuk dibaca tidak jarang  menjadi hal krusial. Untuk menarik minat para pembaca, banyak buku yang dipasarkan dengan keterangan best-seller. Namun hal tersebut tidak memiliki jaminan suatu buku memenuhi kriteria yang layak untuk kamu baca. Kadang kala, pembaca justru menemukan buku yang bagus tanpa memiliki embel-embel best-seller atau bahkan karya dari penulis yang tidak terkenal. Demi memenuhi kebutuhan booklovers mendapatkan buku menarik dan layak dibaca, Kamar Baca punya beberapa tips yang sekiranya bisa membantu. Simak di bawah ini ya!

Kunjungi Situs yang Memberi Ulasan Tentang Buku

Di era digital seperti sekarang, banyak situs yang menyediakan informasi seputar buku. Kamu bisa mengunjungi berbagai situs untuk mengetahui informasi mengenai buku yang kamu inginkan. Misalnya, Goodreads. Situs ini berisi berbagai penilaian serta ulasan buku dari pada pecinta buku di seluruh dunia. Kamu bisa mendapatkan penilaian yang sangat beragam sehingga bisa menjadi pertimbangan matang untuk kamu dalam memilih buku. Selanjutnya, The Book Seer, yaitu situs yang bisa kamu gunakan untuk memberi rekomendasi mengenai buku apa yang selanjutnya kamu baca. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan refensi buku yang sebelumnya kamu baca. Ada juga Bookstr. Lewat situs ini kamu bisa mendapatkan berbagai buku yang menarik untuk dibaca dan informasi dari berbagai penulis. Selain itu, ada berbagai artikel dan ulasan seputar buku, mendapatkan rekomendasi buku untuk dibaca serta giveaway. Sangat menyenangkan, bukan?

Menilik Daftar Buku Terbaik

Banyak pilihan buku yang masuk ke dalam daftar buku-buku terbaik. Daftar ini dipilih oleh berbagai penulis di seluruh dunia. Biasanya daftar ini dikeluarkan dari berbagai media seperti, The Guardian, The New York Times, CNN, dan lainnya. Berbagai komunitas pegiat literasi dan penerbit pun banyak mengeluarkan daftar ini. Selain itu, kamu bisa menilik berbagai pemenang penghargaan literasi seperti Nobel Prize, Khatulistiwa Literary Awards, dan lainnya.

Mengunjungi Pameran Buku

Sebagai pecinta buku, kamu wajib tahu dan hadir di berbagai acara pameran buku atau book fair khususnya di Indonesia. Acara ini menyajikan jutaan buku dari berbagai genre dan pastinya memberi harga istimewa. Selain itu, kamu juga bisa hadir di acara seminar yang diadakan dan berhubungan langsung dengan para penulis ternama. Ada berbagai event pameran buku terbesar yang ada di Indonesia, yaitu Islamic Book Fair (IBF), Indonesian International Book Fair  (IIBF), dan Big Bad Wolf.

Meminta Rekomendasi dari Orang Lain

Jika kamu memiliki kerabat atau teman yang juga memiliki ketertarikan dengan dunia literasi, maka kamu bisa meminta rekomendasi darinya. Tapi sebelumnya, kamu harus menentukan mereka memiliki selera yang sama dengan dirimu. Saat suatu buku direkomendasikan untuk dibaca oleh lebih dari satu orang, itu bisa jadi alternatif terbaik untukmu dalam memilih buku. Kamu juga bisa saling berbagi dengan meminjamkan buku satu sama lain.

 Ikut Komunitas Literasi

Sangat disayangkan apabila kamu sebagai pecinta buku tidak ikut serta sebagai bagian dari komunitas literasi atau pecinta buku. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti komunitas ini. Kamu bisa saling sharing berbagai informasi yang diisi oleh para pakar yang tentunya lebih paham tentang dunia literasi. Selain itu, acara seperti bedah buku, berbagai lomba, kelas menulis, dan lainnya juga sering diadakan sebagai agenda komunitas. Tentunya ini bisa menjadikan kamu sebagai pembaca yang lebih produktif. Berhubungan dengan orang-orang dalam komunitas ini juga pastinya akan membuat minat bacamu lebih tumbuh lagi. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, bukan?

Kegiatan membaca bukanlah hanya sekadar menghabiskan waktu untuk membaca. Lebih dari itu, membaca seharusnya mampu membawa perubahan dan memperbaiki kualitas hidupmu. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk menemukan buku yang layak kamu baca. Semoga apa yang Kamar Baca sajikan di sini mampu membantumu dalam memilih buku bacaan yang bermafaat ya sobat. Happy reading everyone!

Sumber gambar: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *