pinterest.com
Jeda,  Listicle

Masih Malas Membaca Buku? 5 Keuntungan Ini Bisa Kamu Sia-siakan!

Berapa banyak waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca buku hari ini? Kalau masih belum bisa meluangkan waktu untuk membaca buku, sepertinya kamu harus segera merubah kebiasaan ini. Tidak bisa disangkal lagi bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, wawasan seseorang pun akan bertambah. Kamu tentunya tidak ingin melewatkan keuntungan ini. Selain menambah wawasan, masih banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan membaca buku. Tim Kamar Baca telah merangkum lima keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membaca buku. Kita simak, yuk!

  1. Membangun Kreativitas
    Buku menyajikan beragam hal yang belum pernah kamu rasakan dengan panca indra. Ketika membaca, kamu akan membayangkan sendiri tampilan visual, suara, warna, penampakan setting dari apa yang kamu baca. Gambaran yang kamu bayangkan akan mengasah kemampuan otak untuk berkreasi dalam membangun imajinasi. Hal ini akan membantu otakmu supaya terbiasa untuk berpikir dengan kreatif.
  2. Mencegah Penurunan Kemampuan Daya Ingat
    Kamu pasti pernah dengar penyakit Alzheimer dan Demensia. Penyakit tersebut merupakan penurunan kemampuan kerja otak yang berdampak pada melemahnya daya ingat. Studi menyatakan bahwa membaca mampu membuat otak tetap terjaga secara aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan. Membaca dapat menjadi stimulus agar otak tetap kuat dan sehat. Inilah yang mampu mencegahmu dari Alzheimer dan Demensia nantinya.
  3. Meningkatkan Konsentrasi
    Pernahkah kamu merasa sulit untuk memfokuskan pikiranmu pada satu hal? Beragam informasi yang kamu dapatkan melalui berbagai media tentu saja akan membuat pikiranmu bercabang. Hal ini tentunya akan membuatmu sulit untuk berkonsentrasi. Membaca akan melatihmu untuk berkonsentrasi pada satu hal. Dengan itu, kamu melatih tubuh untuk terhindar dari berbagai hal yang bisa mengganggu konsentrasimu. Kamu bisa menyediakan 15-20 menit dari waktumu untuk membaca sebelum malakukan suatu aktivitas yang memerlukan konsentrasi. Hal ini akan membantu supaya kamu lebih efektif dalam bekerja.
  4. Menyehatkan Jiwa
    Terapi bacaan alias bibliotherapy adalah kegiatan membaca buku yang bertujuan untuk mendapatkan efek terapeutik. Dengan pilihan buku yang tepat, membaca dapat menjadi sarana penurun stres dan membantu meringankan depresi. Jenni Ogden yang merupakan seorang neuropsikolog klinis menyarankan terapi ini dibandingkan dengan psikolog kognitif atau psikoterapis apabila kamu sedang bergumul dengan masalah hidup. Tentu saja, pilihan buku yang tepat dapat membantu kamu untuk meringankan beban pikiran yang sedang kamu alami.
  5. Dapat Memperpanjang Usia
    Salah satu penelitian pernah dilakukan dengan upaya mengungkap adanya keterkaitan aktivitas membaca buku dengan jangka waktu hidup manusia. Kesimpulan dalam jurnal Social Science & Medicine menyatakan bahwa seseorang yang gemar membaca buku berpeluang untuk menikmati hidup lebih lama. Lebih lanjut, orang yang suka membaca buku hidup rata-rata hampir dua tahun lebih lama daripada mereka yang tidak membaca sama sekali. Becca R. Levy, seorang ilmuwan sekaligus profesor epidemiologi di Yale University, menuturkan apabila seseorang menyisihkan waktu setidaknya setengah jam untuk membaca buku, mereka akan memiliki peluang untuk hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak punya waktu dan kemauan untuk membaca buku.

Itulah berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membaca buku. Semoga hal tersebut bisa membuat kamu selalu semangat untuk membaca buku. Jangan lupa terus kunjungi Kamar Baca untuk bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya ya. Sampai jumpa!

Sumber gambar: pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *