Semarak Orang Kaya Asia

Pembahasan mengenai ‘orang kaya’ tampaknya sangat menarik untuk disajikan. Media sosial menjadi latar atas maraknya fenomena ini. Mudah sekali rasanya menemukan segelintir orang dengan maksud dan tujuan tertentu kerap memamerkan aktivitas serta barang-barang yang tidak murah. Ada lagi, pengguna media sosial twitter ramai-ramai menceritakan berbagai pengalaman yang berkaitan dengan perilaku unik ‘orang kaya’. Tentu saja unik. Karena kebiasaan mereka yang tidak lekat dengan ‘orang biasa’. Topik orang kaya mungkin tambah menarik dengan adanya buku Crazy Rich Asian karya Kevin Kwan. Bahasan utama dari novel ini adalah soal hubungan asmara yang dijalin si kaya dan si miskin. Namun lebih dari itu, Kwan dengan lihai mampu mengisahkan orang kaya Asia, yakni etnis Cina, beserta kebiasaan-kebiasaan khasnya sebagai daya tarik buku ini.

Sesaat novel ini seperti menceritakan kisah bertemakan Cinderella’s story. Namun Kwan memberi lebih dari itu. Di awal novel, pembaca disuguhi silsilah pohon keluarga dari klan Young, T’sien, dan Shang. Ini bertujuan untuk membantu memahami hubungan tiap tokoh dan karakter yang muncul dalam novel. Kwan juga mengajak pembaca untuk memahami kehidupan orang-orang Cina lengkap dengan sentuhan sejarah dan budaya yang cukup kental. Tidak kalah menarik, pembaca juga diajak untuk memahami lebih jauh soal apa itu Orang Kaya Baru, Orang Kaya Lama, Cina Perantauan, dan Cina Daratan serta bagaimana mereka mendapat kekayaan.

Kisah dalam novel ini bermula dari pertemuan profesor ekonomi asal Amerika keturunan Cina,  Rachel Chu, dengan keluarga kekasihnya, Nick Young, yang amat kaya di Singapura. Nick membawa Rachel ke kampung halamannya untuk menghadiri pernikahan sahabatnya. Perjalan tersebut membuka mata Rachel mengenai siapa Nick sesungguhnya. Tidak ketinggalan kenyataan atas latar belakang keluarga Nick yang amat baru bagi dunia Rachel. Seperti kisah komedi romantis lainnya, konflik diawali dengan ibu kekasih yang tidak setuju dengan hubungan anaknya. Ibu Nick, Eleanor Young, merupakan tokoh yang dicitrakan sebagai wanita kaya nan elegan, tampak sinis namun tetap memiliki naluri keibuan. Secara halus, ia berkehendak untuk menjauhkan putranya dari Rachel. Bukan tanpa alasan. Eleanor, seperti para ibu kaya Asia lainnya, menginginkan anaknya dapat menikah dengan wanita dari kelas sosial yang sama dan sekaligus memperluas bisnis keluarga.

Tokoh lain yang memiliki peran kuat dalam novel ini yaitu Astrid Leong-Teo, sepupu Nick. Astrid digambarkan sebagai wanita cantik dan gaya. Lebih dari itu, ia juga dikenal lihai dalam menunjukan karisma dan auranya tiap kali muncul di depan publik. Astrid menjadi tokoh penyambung hubungan antara Nick dan Ibunya. Meskipun kaya dan terbiasa hidup mewah sejak kecil, ia berbeda dengan wanita kebanyakan. Astrid merupakan wanita rendah hati serta sosok yang diidolakan kaum pria sekaligus wanita. Namun ia memilih pria dari kelas menengah sebagai suami. Konflik yang terjadi pada Astrid yaitu saat ia menyadari bahwa pernikahan yang selama ini ia banggakan terancam berakhir.

Banyak hal menarik yang bisa ditemukan dalam novel ini. Jika kamu memiliki minat pada dunia mode, buku ini sangat cocok untuk kamu baca. Kamu akan disuguhkan dengan berbagai kemegahan selera ala orang kaya. Kwan dengan cakap memberikan gambaran mengenai kemewahan-kemewahan yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang super kaya saja. Seperti rumah yang bagaikan istana, barang-barang bermerek, selera fashion yang tinggi, tempat hiburan eksklusif, makanan, serta karya seni dan arsitektur mewah lainnya. Kwan juga dengan cerdas mampu mengenalkan pembaca dengan label barang-barang mewah dan selera high fashion yang biasa digunakan oleh orang-orang kaya. Tidak ketinggalan juga pesta eksklusif dengan sederet kemewahan mulai dari kendaraan, jamuan, serta fashion yang dikenakan oleh para tamu yang tentunya eksklusif pula. Novel ini juga dilengkapi dengan banyak catatan kaki. Jadi pembaca tidak kebingungan memahami berbagai istilah yang mungkin masih terasa asing.

Crazy Rich Asians menyuguhkan berbagai rasa saat membacanya. Jenaka, ganjil, dan jengkel. Banyak sudut padang menarik yang membawa kita memahami orang kaya dan kehidupannya. Tokoh-tokoh dalam novel ini juga membuka mata kita bagaimana konflik dalam diri individu untuk menemukan identitasnya sebagai seorang Asia yang dibesarkan di Amerika. Perbedaan nilai budaya yang banyak menimbulkan perselisihan dan mampu membawa pada tatanan hidup baru. Hubungan antar individu yang diatur atas keberadaannya di kelas sosial tertentu. Hingga bagimana individu harus memperjuangkan keinginan pribadi yang berbenturan dengan harapan keluarga. Identitas etnik, perbedaan kelas sosial dan nilai budaya, serta kepentingan pribadi dan pengabdian terhadap keluarga. Semarak kehidupan orang kaya disajikan lengkap dalam novel ini. Sangat menghibur sekaligus membuka pandangan baru.

 

Crazy Rich Asians (Kaya Tujuh Turunan) | Kevin Kwan | PT Gramedia Pustaka Utama| Juni 2016
| 480  halaman | ISBN 978-602-0314-4-33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *